Vaksinasi Terbukti Lindungi Dari Covid

Hamka menjelaskan pada rapat ini, beberapa Gubernur mengungkapkan lambatnya proses vaksinasi disebabkan oleh aturan yang diberlakukan yakni nakes harus teregister oleh pusat. Penyebab penyakit demam berdarah adalah gigitan nyamuk aedes aegypti yang bisa menyerang anak-anak dan orang dewasa. Seseorang yang sudah aktif berhubungan seksual tidak bisa menerima imunisasi HPV.

Secara international, arus pandemi yang kembali menguat sejak akhir Juni lalu, menjadi serangan gelombang ketiga. Hanya saja, pada dua pekan terakhir terhitung dari 17 Agustus 2021, angka kasusnya mulai melandai, dengan penambahan empat dan dua persen saja. Ironisnya, gelombang baru itu muncul di tengah vaksinasi yang semakin masif. Untuk Pendistribusian vaksin COVID-19, dilaksanakan oleh Bio Farma menuju Fasilitas Pelayanan Kesehatan, yang ditunjuk oleh badan usaha sendiri.

Perbedaan produsen vaksin pada kedua program ini, dimaksudkan agar tidak terjadi kelangkaan pada salah satu jenis program vaksinasi. Menurut dia, upaya mendatangi calon penerima vaksin merupakan terobosan guna mencapai goal yang telah ditentukan. Sunaryanta menganggap bahwa pelaksanaan di rumah memiliki keuntungan karena warga bisa lebih rileks sehingga tekanan darahnya tidak mengalami kenaikan. “Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar dan target 70% penduduk mendapatkan vaksin bisa segera tercapai,” katanya.

Vaksinasi baru

Varian Corona terus bermutasi, masyarakat pun terlihat semakin banyak yang ikut vaksinasi. Vaksin Moderna telah mulai disuntikkan dan untuk di DKI Jakarta diprioritaskan untuk orang dengan penyakit penyerta atau komorbid serta gangguan autoimun. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, sebanyak 15 ribu vaksin covid-19 disiapkan untuk tiga sentra di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sonny menjamin pemberian vaksin COVID-19 terhadap ibu hamil tidak berdampak terhadap janin di dalam kandungan. Untuk mempercepat diraihnya target vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil, POGI Jawa Barat bekerja sama dengan RS Hasan Sadikin Bandung. Warga Negara Asing yang merupakan karyawan / karyawati dari suatu badan hukum / badan usaha dapat ikut serta sebagai sasaran penerima vaksinasi gotong royong. Meski tidak menyebut jumlah secara pasti, namun ia mengakui stok vaksin tidak banyak. Sebagai dampaknya, Dinas Kesehatan tidak berani menyusun jadwal vaksinasi baru karena stok digunakan untuk penyuntikan ke masyarakat yang telah terjadwal. Selain itu, stok juga digunakan menyelesaikan proses vaksin untuk penyuntikan kedua.

Pada waktu bersamaan, upaya ini harus didukung pelayanan kesehatan yang berkualitas. Sehingga mereka yang sakit semakin sedikit, dan mendongkrak angka kesembuhan. Dan hal ini akan menjadi sempurna jika vaksinasi dilakukan untuk mengurangi kerentanan terinfeksi, pengembangan keparahan gejala penyakit dan peluang penularan kepada orang lain. Vaksinasi adalah pemberian vaksin yang dapat merangsang pembentukan imunitas sistem imun di dalam tubuh. Vaksinasi sebagai upaya pencegahan primer yang sangat handal mencegah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi.

“Yang jelas, vaksin datang harus segera dihabiskan. Tapi perlu diingat bahwa ada juga peserta vaksin dosis kedua yang mesti diberikan vaksin, jangan sampai terlewat. Karena kalau terlewatkan kan jadi tidak efektif juga,” pungkas Jauhar. Mereka menyatakan bahwa ide ini tercetus karena sulitnya distribusi vaksin ke seluruh dunia, utamanya negara berkembang. Mereka menyebut bahwa vaksin cair membutuhkan sistem pengiriman dan pergudangan dengan pendingin bersuhu sangat rendah. Stok vaksin Covid-19 selalu difokuskan untuk ‘daerah prioritas’, penasehat WHO sebut ketimpangan vaksinasi di Indonesia akan terus terjadi.