Ppkm Degree 3 Jabodetabek, Simak Aturan Perjalanan Terbaru Di Masa Pandemi Covid

Masyarakat diimbau untuk di rumah saja guna mencegah diri dan orang sekitar terinfeksi virus corona. Pada stage 0, wilayah memiliki kapasitas respons sistem kesehatan terhitung memadai dan tidak ditemukan kasus COVID-19 sama sekali. Berikut adalah ketentuan kebijakan dan aturan yang akan diberlakukan selama PPKM Level three di Kota Semarang sesuai Inwal three Tahun 2021. Pemerintah pusat telah memutuskan untuk memperpanjang PPKM di Wilayah Jawa-Bali pada tanggal 17 Agustus – 23 Agustus 2021 yang tertuang pada Inmendagri 34 Tahun 2021, dan dengan terus menurunnya angka penderita covid-19 di kota Semarang, kota Semarang masuk pada PPKM Level 3.

PPKM level 3

Kebijakan kali ini adalah penurunan stage PPKM untuk sejumlah daerah terhitung sejak 24 Agustus hingga 30 Agustus 2021. Namun, Sambodo mengaku tak ingin terburu-buru dalam menlonggarkan kebijakan ganjil genap di DKI Jakarta. Meskipun saat ini angka kasus COVID-19 di Ibu Kota sudah menurun, tetap saja hal itu berisiko. Pemerintah pusat kembali memberikan penilaian terhadap status degree Covid-19 di beberapa Provinsi se Indonesia. Berdasarkan hasil penilaian pemerintah pusat, Provinsi Gorontalo tetap statusnya berada di level 3.

Untuk pedagang makanan, pemerintah masih membolehkan makan di tempat, namun waktunya dibatasi hanya sampai maksimal 20 menit. Selain itu, penerapan aturan PPKM Level four dan PPKM Level 3 diserahkan kepada pemerintah daerah. Warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan buka hingga pukul 20.00 waktu setempat. Maksimal pengunjung makan di tempat dibatasi hingga 25 persen dengan maksimal waktu makan 30 menit.

Kemudian dispensasi lainnya seperti pembukaan pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan beraktivitas, namun dengan ketentuan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Pusat perbelanjaan diizinkan beroperasi sampai pukul 20.00 WIB dengan kapasitas maksimal 50 persen dan menggunakan protokol kesehatan ketat yang diatur oleh Pemda. Restoran diperbolehkan makan di tempat dengan maksimal 25 persen kapasitas, dua orang per meja, dan pembatasan jam operasional hingga pukul 20.00. Angkutan massal, taksi on-line, taksi konvensional, kendaraan sewa atau rental dibatasi kapasitasnya maksimal 70 persen dan wajib menerapkan protokol kesehatan ketat. Sama halnya dengan aturan PPKM Level 3, pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok masih diperbolehkan buka dengan kapasitas maksimum 50 persen dengan jam buka terbatas sampai pukul 15.00 WIB. Dalam aturan PPKM Level four atau PPKM diperpanjang, usaha-usaha kecil seperti pedagang kaki lima diizinkan untuk tetap buka dengan protokol kesehatan ketat sampai jam tertentu.

Transportasi umum (kendaraan umum, angkutan massal, taksi diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 70 persen. Sementara untuk sektor esensial disampaikan Jokowi untuk industri berorientasi ekspor dan penunjangnya dapat beroperasi a hundred persen. Perpanjangan PPKM itu diterapkan di ratusan kota dan kabupaten.

Sementara untuk sopir kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya dikecualikan dari ketentuan memiliki kartu vaksin. Inmendagri yang dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Jakarta pada 23 Agustus 2021 itu mengatur tentang kegiatan belajar-mengajar, operasional perkantoran sektor esensial dan kritikal, tempat usaha, tempat ibadah, hingga transportasi umum. Selain itu dalam Inmendagri juga dijelaskan bahwa aturan PPKM Level four adalah pemberlakukan pembatasan kegiatan di Jawa dan Bali dan disesuaikan dengan kriteria level situasi pandemi berdasarkan hasil assesment atau penilaian.

Aturan tersebut mulai berlaku dari pukul 06.00 sampai 20.00 WIB. Presiden Joko Widodo mengumumkan kembali memperpanjang penerapan Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat dari tanggal 24 Agustus hingga 30 Agustus 2021. Tempat ibadah diperbolehkan dibuka untuk kegiatan ibadah maksimal 25 persen kapasitas atau maksimal 30 orang. Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan ditutup sementara kecuali akses untuk pegawai toko yang melayani penjualan on-line Agen PAY4D Terpercaya dengan maksimal tiga orang di setiap toko, restoran, grocery store, dan pasar swalayan.

Ini beberapa daftar Destinasi wisata di Semarang yang sudah buka selama pandemi, cek lokasinya dan syarat serta aturan yang berlaku. “Level four dari 67 kabupaten kota berkurang menjadi fifty one kabupaten kota. Level 3 dari fifty nine kabupaten kota menjadi 67 kabupaten kota dan degree 2 dari 2 Kabupaten Kota menjadi 10 kabupaten dan kota,” ucap dia. Tempat ibadah kembali dibuka untuk kegiatan ibadah dengan kapasitas 25 persen atau maksimal 30 orang. Pelaku perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh harus menunjukkan kartu vaksin dengan minimal vaksinasi dosis pertama. Serta menunjukkan hasil PCR H-2 untuk pesawat udara serta antigen (H-1) untuk moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bus, kereta api dan kapal laut. Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan ditutup sementara kecuali akses untuk restoran, grocery store, dan pasar swalayan dapat diperbolehkan dengan memperhatikan ketentuan.

Dikatakan, pada regulasi terbaru ada sejumlah perubahan dari Instruksi Walikota sebelumnya. Perubahan itu diantaranya; pelaksanaan kegiatan makan/minum di tempat umum yang berada pada lokasi tersendiri dan ruang terbuka, berlaku jam operasional hingga 21.00 WIT dengan kapasitas 50 persen. Penyesuaian atas beberapa pembatasan kegiatan masyarakat ini dibarengi dengan protokol kesehatan yang ketat dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk. Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah telah resmi memperpanjang masa pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat stage four untuk wilayah Jawa dan Bali. Kebijakan ini berlaku sampai tanggal 16 Agustus mendatang.