Polemik Ivermectin

“Adapun 2 kandidat lain vaksin Covid-19 uji klinis dan transfer teknologi berkolaborasi dengan industri farmasi nasional, yaitu BCHT dan Kalbe Farma ,” kata Lucia. Lucia mengatakan, salah satu hasil uji klinis yang telah dilakukan adalah pada Dexamethasone. Beberapa waktu lalu, Dexamethasone diklaim dapat digunakan untuk terapi Covid-19. Kebijakan Perdagangan Luar Negeri merupakan salah satu bagian kebijakan ekonomi makro.

Tanggal 2 Maret 2020, bertempat di Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo didampingi Menkes kala itu Terawan Agus Putranto umumkan kasus pertama COVID-19 di Indonesia. Dua perempuan asal Depok yakni seorang ibu dan putrinya dilaporkan positif COVID-19 setelah diduga tertular WNA asal Jepang. ‘‘Tentu jika vaksin komersil, akses nya jauh lebih mudah dan prosedur tidak lama seperti vaksin pemerintah,‘‘ katanya. Ekonom Institute For Development of Economics and Finance Bhima Yudhistira mengatakan, anggaran vaksinasi gratis bisa dicari dengan cara realokasi dari anggaran belanja lain, seperti belanja infrastruktur. Ia tidak memberi contoh upaya mendegradasi ini, namun kasus kandidat obat COVID-19 yang dibuat Universitas Airlangga dan didukung TNI AD dan Badan Intelijen Negara dapat dijadikan rujukan. Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Suwijiyo Pramono tidak memungkiri kalau eucalyptus, kandungan yang terdapat dalam kalung, bermanfaat bagi pasien COVID-19, yaitu melegakan pernapasan dan mengencerkan dahak.

Politik Obat Covid

Sementara, menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno, yang dilakukan oleh Airlangga pada akhir pekan lalu tak lebih dari sekadar safari politik. Maka, salah satu cara yang ia lakukan dengan menunjukkan kepeduliannya terhadap situasi pandemik COVID-19 di Solo. Apalagi, dalam penanganan pandemik COVID-19, Airlangga bukan komandan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat wilayah Jawa – Bali. Komentar itu disampaikan epidemiolog dari Universitas Indonesia , Pandu Riono.

Pada tataran nasional, Indonesia telah membentuk konsorsium untuk mempercepat penemuan vaksin covid-19 yang dinamakan Vaksin Merah Putih. Sementara pada degree internasional, saat ini Indonesia sudah mendapatkan komitmen penyediaan vaksin dari China melalui Sinovac, dengan Uni Emirat Arab melalui G24 yang bekerja sama dengan Sinopharm, serta Inggris melalui AstraZeneca. Selain itu, KBRI Bratislava juga berupaya untuk menjajaki peluang kerja sama dengan Slowakia dalam hal diplomasi vaksin. Pertemuan antara pemerintah Indonesia dengan pihak AstraZeneca dari Inggris menghasilkan kesepakatan kerja sama mengenai pengadaan 100 juta vaksin pada tahun 2021.

Oleh karena itu, Negara harus bisa mengkomunikasikan kepada semua orang mengenai jaminan tidak akan adanya diskriminasi terhadap akses terhadap vaksin baik soal harga, distribusi, maupun keterjangkauan. Untuk mencapai herd immunity, paling tidak pemerintah harus melakukan vaksinasi 70% dari complete populasi, dan itu harus dilakukan sebanyak dua kali. Berdasarkan Perpres No. ninety nine Tahun 2020 Peraturan Presiden tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi, pemerintah telah menunjuk langsung BioFarma. Tentu kapasitas produksi BioFarma juga terbatas dan harus menggandeng perusahaan lain untuk memperbesar kapasitas produksinya.