Lengkap, 12 Langkah Untuk Memulai Bisnis

Walaupun penjualan sedang merosot, tetapi karena melakukannya bukan karena tuntutan keuntungan, namun karena memang menyukainya, kita akan terus berkarya memberikan yang terbaik. Tantangan ini tidak jarang menyebabkan pebisnis layu sebelum berkembang. Tidak kuat dan stress melihat usaha yang dibangun lambat tumbuh, penjualan seret, sementara dana dan tenaga sudah banyak dicurahkan.

Membuat bisnis

Seorang entrepreneur yang sukses pasti terus belajar sampai kapan pun. Memiliki visi atau pandangan ke depan akan membuat pengusaha jadi terus termotivasi. Dengan visi ini, usaha bisa dikembangkan menjadi lebih baik dan besar. Misal pengusaha keripik ingin mengembangkan usahanya hingga ekspor ke luar negeri. Usaha sendiri memang mengasyikkan, apalagi kalau mendapatkan untung yang besar. Namun, menjalin kerja sama dengan pihak lain akan melipatgandakan keuntungan itu.

Namun bagaimanapun, media on-line adalah yang paling menguntungkan, karena memiliki crowd sendiri, prospek sendiri, dan content marketing sendiri. Anda ingin mulai menjalankan suatu bisnis, apakah sudah membuat enterprise plan? Pasalnya, mendirikan suatu bisnis tentunya tidak mudah, diperlukan perencanaan yang baik agar bisnis bisa berjalan dengan lancar kedepanya.

Terlebih lagi para generasi tua yang mengalami transisi dari era analog ke period digital kini. Tidak jarang banyak dari orang tua yang dahulu belum mampu untuk membeli barang-barang yang diidam-idamkan. Baik untuk acara pernikahan, peluncuran produk, acara keluarga, dan masih banyak lagi. Memang untuk bisa menjadi fotografer diperlukan modal yang cukup. Ya, peralatan rumah tangga dengan bahan rotan ternyata banyak dicari oleh masyarakat karena kekuatannya.

Kalau menjual makanan atau kosmetik rumahan tentu harus ada izin dari BPOM. Namun, tetap harus ada tempat memajang meski tak luas, agar orang percaya dengan produk yang dijual. Berbeda ketika akan memilih berjualan lewat online yang tidak butuh tempat dan mengurangi biaya sewa. Jangan sampai terlalu murah karena bisa saja orang jadi curiga. Tapi juga jangan terlalu mahal karena akan membuat orang malas membeli.