Kjeld Kirk Berhasil Bawa Lego Lawan Era Digital

Pada tahun 1980, Grup Lego mendirikan Departemen Produk Pendidikan (nantinya dinamai dibuat sebagai “Lego Dacta” pada tahun 1989), yang khusus berfungsi untuk mengembangkan potensi unsur pendidikan di dalam mainan yang mereka buat. Pabrik perakitan dan pengepakan Lego dibuka di Swiss, disusul dengan dibukannya pabrik lainnya di kota Jutland, Denmark, yang memproduksi ban-ban Lego. Dalam periode yang sama, putra Godtfred Kirk Christiansen, Kjeld Kirk Kristiansen, bergabung dalam staf manajemen perusahaan, setelah mendapat gelar sarjana bisnis di Swiss dan Denmark. Noda satu kesuksesan pertama Kjeld dalam perusahaan adalah pembangunan fasilitas pabrik yang trendy, termasuk juga pendirian departemen riset dan pengembangan yang bertanggung-jawab untuk memastikan metode pembuatan Lego tetap yang paling modern.

Perbedaan pendapatan dan penjualan konsumen disebabkan oleh pengecer yang menggunakan inventaris yang ada untuk memenuhi permintaan, karena LEGO terpaksa menghentikan produksi sementara di Meksiko dan China.

Bisnis Lego

Dikutip dari Wikipedia.org, grup Lego bermula dari sebuah usaha kerajinan kayu milik Ole Kirk Chiristiansen, di kota Billund, Denmark. Christiansen membeli sebuah toko kerajinan kayu di Billund yang membantu pembangunan rumah dan pembuatan mebel kayu. Christiansen mulai memproduksi versi miniatur tangga dan papan setrikaan sebagai pembantu rancangan. Model-model miniatur inilah yang menginspirasinya untuk mulai memproduksi mainan. Pada tahun 1934, perusahaannya kemudian disebut “Lego”, dari frase Denmark leg godt, yang berarti “bermain dengan baik”. Selama lebih dari eighty tahun perjalanannya, Lego Group telah menjelma menjadi salah satu pemimpin di industri mainan dan hiburan.

Dari berbagai sumber yang dihimpun TechCrunch menyatakan nilai US$ 1 juta yang diminta oleh Foodpanda untuk bisnisnya di Indonesia tak harus dalam bentuk dana tunai. Foodpanda telah beroperasi di 500 kota di lima benua dan bisnisnya khusus di Indonesia sepertinya tak berhasil. Ini juga mencakup LEGO BOOST – kumpulan bangunan dan kode yang memungkinkan anak-anak mengubah kreasi batu bata mereka menjadi benda yang bergerak – dan akan mengeksplorasi pengembangan jaringan sosial gabungan untuk anak-anak di China.

Tetapi tekadnya tidak memberhentikannya untuk membuat mainan dengan berusaha meminjam uang saudara-saudaranya. Hal inilah yang akhirnya membuka titik cerah Ole Kirk untuk membuat perusahaan mainan. Memiliki pengalaman lebih dari four tahun di dunia online financing dan lending sebagai Content Marketer, sehingga dia sudah tidak asing lagi dengan dunia finansial dan investasi. Memiliki passion dalam merangkai kata dan menjadikannya sebuah informasi finansial yang bermanfaat dan mudah dimengerti.

Grup Lego dibuat sebagai noda satu dari sepuluh perusahaan mainan terbesar di dunia tahun ini, dibuat sebagai satu-satunya perusahaan mainan dari Eropa yang berada di jajaran Top-10 tersebut. Legoland Billund, pertama kali dalam sejarahnya, dikunjungi lebih dari satu juta pengunjung pada tahun yang sama. Cahaya & Suara set membuat penampilan mereka pada tahun 1985, ini set termasuk baterai pack dengan lampu listrik, buzzer s, dan aksesoris lain untuk menambah dimensi lain dari realisme ke kreasi Lego. Juga pada tahun itu, divisi pendidikan Grup Lego menghasilkan Teknik Komputer Kontrol, yang merupakan sistem pendidikan dimana robot Teknik, truk, dan mannequin bermotor lainnya bisa dikontrol dengan komputer. Seri mainan baru yang didesain untuk pembangun Lego yang lebih berpengalaman dikeluarkan pada tahun 1990. Tiga set Model Team, termasuk sebuah mobil balap dan sebuah yang dikendarai off-road, mempertunjukkan tingkatan detil dan tampak-nyata yang sebelumnya tidak tampak di seri mainan Lego manapun.

Hingga tiba saatnya untuk memperharui kontrak, Lego memutuskan untuk menghentikan kemitraan dengan Shell yang telah terjalin selama lebih dari lima puluh tahun. Tak hanya brand experience yang dihadirkan, LEGO juga menghadirkan konsep pembelian yang menarik di sudut “Pick-a-Brick”. Di sudut itu, followers LEGO dapat memilih sekaligus membeli individual LEGO Bricks dan melakukan pembelian berdasarkan jumlah berat timbangan, alias bukan dalam harga satuan atau harga per paket. Tidak seperti gerai mainan kebanyakan, gerai LEGO menawarkan konsep brand expertise kepada para pengunjungnya, terutama anak-anak—yang notabene menjadi target market LEGO.

Pelanggan tidak perlu melakukan pendaftaran khusus untuk mengikuti program ini. Seluruh pelanggan Telkomsel PraBayar yang melakukan pembelian di Codashop menggunakan pulsa Telkomsel dapat mengikuti program ini. Tokoh dalam game di buat oleh Sebastien Gabriel, seorang Visual Desainer Google Chrome. Sebastien Gabriel juga yang membuat beberapa visual asset untuk produk Google. “Dari bisnis martabak ini, Alhamdulillah saya bisa menambah haji keluarga, umroh untuk anak dan karyawan saya,” ujarnya.

Untuk mewujudkan impiannya itu, Helmi harus rela merogoh kantong pribadinya bahkan sampai melego dua mobilnya. Ia pun memberi nama Klinik HK Medical Center yang berlokasi di kawasan Jl.Cendrawasih Mariso, Makassar, buka hari senin sampai minggu kecuali jumat tutup. Pembuat mainan milik perusahaan swasta ini telah beberapa kali berhasil meningkatkan upayanya untuk memerangi pelanggaran hak cipta di China, tetapi para peniru tetap masih menjadi masalah besar. Selain itu, Lego bakal menambah gerai di China berkat kinerja penjualan yang tumbuh.

Penggunaan metode LEGO™ Serious Play™ dalam Masterclass ini, memberikan peserta peluang untuk membangun mannequin yang merepresentasikan metafora dari aspek-aspek dalam dunia bisnis yang sebenarnya. Kamu bisa melakukan eksperimen dengan membeli set Lego yang kurang populer dan lihat berapa persen nilai Lego tersebut turun, bahkan untuk menemukan pembelinya akan sulit. Perhatikan beberapa hal di bawah ini agar kamu tidak salah dalam membeli Lego untuk investasi.