7 Cara Memperbaiki Strategi Pemasaran Produk Yang Gagal

Secara umum, target pasar bertujuan untuk memastikan bahwa pemasaran Anda tepat sasaran. Hal ini penting untuk meningkatkan penjualan sekaligus mengukur tingkat keberhasilannya. Penentuan goal pasar ini bertujuan untuk mengarahkan kegiatan pemasaran ke kelompok konsumen tertentu agar pemasaran sesuai dengan karakter mereka. Untuk memasarkan produk Anda memerlukan ide dan kreatifitas yang tinggi agar terciptanya daya tarik dari masyarakat sebagai calon customer Anda. Jika Anda sudah mengetahui siapa calon buyer yang akan Anda hadapi nanti, bentuk promosi pun sudah pasti bisa Anda buat sesuai dengan kategori customernya. Hasil knowledge dari pengelompokan secara demografis, geografis dan psikologis ini nantinya bisa diolah untuk kemudian Anda gunakan ketika akan menentukan jenis produk dan harga yang akan dijual.

Sistem transaksi cashless atau on-line sudah menjadi bagian dari gaya hidup generasi milenial. Mereka menganggap sistem ini sebagai sistem pembayaran yang praktis dibandingkan dengan sistem tunai. Generasi ini menuntut kamu untuk siap sedia kapanpun mereka butuhkan.

Dapat diartikan juga jika segmentasi pasar adalah kegiatan untuk menentukan pasar yang tepat bagi bisnis atau perusahaan yang Anda miliki. Tujuan melakukan segmentasi pasar adalah untuk mempermudah Anda dan tim dalam meraih goals, melalui pendekatan yang sesuai dengan kriteria bisnis atau perusahaan Anda. Selain aktif promosi lewat media sosial seperti Instagram dan Facebook, KopiKohLie juga memasang promo menarik seperti beli satu gratis satu dan diskon sesuai berat badan pelanggan. Survei dari Bain & Company menyebutkan kalau pelanggan yang setia kemungkinan akan menghabiskan 67% lebih banyak uang mereka untuk kembali membeli produk atau layanan yang disediakan oleh bisnis Anda. Bisnis Anda pun dapat menghemat biaya operasional karena Anda tidak perlu menghabiskan lebih banyak waktu dan uang untuk mempertahankan mereka.

Dalam bisnis, hubungan dengan klien dinilai lebih personal dibanding dengan pelanggan. Persona dalam goal pasar adalah representasi pelanggan yang menggambarkan sosok calon pembeli sesuai goal yang kamu tuju. Bisa ditentukan melalui jenis kelamin, usia, pekerjaan, hobi, domisili, atau hal lainnya yang lebih spesifik. Salah satu cara untuk menentukan goal pasar adalah dengan menggunakan bantuan teknologi Analytics Tools seperti Google Trends.

Salah satu contohnya adalah marriage ceremony organizer, atau jasa perencanaan pesta pernikahan. Untuk memastikan momen istimewanya berjalan sempurna, banyak orang menggunakan jasa wedding ceremony organizer dibanding merencanakannya sendiri. Alasannya, pengalaman dan ketepatan dalam mengatur rangkaian proses menjadi kunci. Tak heran konsumen rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan pelayanan terbaik.

Menargetkan Customer bisnis

Mengetahui tujuan apa yang ingin kamu capai sebelum memulai perencanaan dapat membantumu menentukan hal-hal seperti apa yang cocok untuk dimasukkan dalam strategi content marketing-mu. Dengan konten infografik, Lokadata menyajikan informasi dari data-data yang diperoleh menjadi bentuk yang lebih sederhana sehingga mudah dibaca dan dibagikan oleh khalayak luas. Selain menjaring leads, membuat konten yang bermanfaat seperti e-book dapat meningkatkan kredibilitas sebuah bisnis sebagai pembuktian bahwa perusahaan tersebut memang ahli di bidangnya. Buku panduan versi digital ini bisa diunduh oleh pengunjung website setelah mengisi formulir, di mana mereka harus memasukkan email, information kontak, dan sebagainya. Ini merupakan cara yang efektif untuk menjaring leads atau orang-orang yang berpotensi menjadi pelanggan. Infografik adalah salah satu bentuk konten yang bisa menjadi solusi untuk hal ini.

Tujuan memulai sebuah usaha pastinya untuk mendapatkan keuntungan selain memberikan solusi kepada pelanggan dengan produk yang ditawarkan. Dalam memastikan penjualan bisnis Anda untuk terus meningkat bukanlah hal yang mudah, banyak perusahaan telah menggunakan berbagai cara dan metode untuk menghasilkan penjualan. Mulai dari membangun hubungan yang baik dengan pelanggan hingga berbagai teknik penjualan untuk mengembangkan bisnis.

Dengan mendaftarkan usaha Anda pada aplikasi-aplikasi tersebut, restoran Anda akan muncul pada daftar pencarian dan dapat menjadi lebih dikenal masyarakat yang tadinya tidak mengetahui model Anda. Baik itu b2b maupun b2c tetap saja membutuhkan gross sales, maka jangan lupa membuat strategi dan work circulate agar mendapatkan penjualan melalui sales. Saat ini CLV tidak hanya mengenai nilai finansial pelanggan, tetapi juga pengaruh yang bisa dibawa pelanggan untuk menggerakkan pertumbuhan bisnis. Merefleksikan kembali siapa audiens dan buyer persona yang kamu incar dengan melakukan market analysis setiap tahun dapat bermanfaat agar kamu dapat mengevaluasi strategi pemasaranmu.

Pengusaha atau pemilik UKM, bisa mencoba bergabung dengan grup yang relevan dengan demografi goal audiens mereka. Pengusaha bisa menargetkan industri tertentu yang potensial, tanpa bersaing dengan perusahaan lain yang tidak relevan. Tak lupa, kirimkan e mail bulanan yang berisi berbagai informasi dan pemecahan masalah untuk pelanggan.